Sabtu, 16 April 2011

Bersedekahlah dari setiap persendian

  • Sabtu, 16 April 2011
  • Nuril
  •          Diantara sholat sunat yang tidak menyertai sholat wajib adalah sholat duha.  Ia merupakan sholatsunat muakkad.  Nab saw. senantiasa melakukannya, mendorong kita untuk melaksanakannya, dan menjelaskan keutamaannya.
             Waktu sholat duha adalah mulai sepertiga jam sesudah terbit matahari hingga sepertiga jam sebelum  sholat zuhur.  Nabi Saw bersabda, "Pada tiap persendian masing-masing kalian ada sedekahnya. setiap  tasbih adalah sedekah, setiap tahmid sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, melakukan amar makruf sedekah, nahi mungkar sedekah hal itu tercukupi dengan melakukan dua rakaat sholat duha                                                  
                
             Yang dimaksud dengan persendian adalah tulang dan sendi pada tubuh yang kira-kira berjumlah 360 sendi. 
             Wahai saudaraku, bersedekahlahdari setiap sendi yang ada.  Begitu pula dari tasbih, tahlil, takbir, tahmid, amar makruf dan nahi mungkar.
              Ya Allah segala puji bagi-Mu atas keberadaan sholat duha.  Denganya kita menjadi orang kaya.  Abu Hurairah berkata, "Kekasihku ( Nabi saw)berwasiat kepadaku tiga hal dan akupun tidak meninggalnya.  Yaitu, tidak tidur sebelum witir, tidak meninggalkan dua rakaat shalat duha sebab itu adalah sholat para awwabin, serta berpuasa tiga hari pada setiap bulan."

               Al-awwabin adalah lawan dari orang-orang yang lalai.
    Wahai saudaraku, jadilah salah satu awwabin, dan lakukan sholat duha.  Mengenai jumlah rakaatnya minimal dua rakaat dan maksimal delapan rakaat.
              Dari Ummu Hani diriwayatkan bahwa Nabi saw. mendirikan sholat duha delapan rakaat dengan bersalam pada setiap dua rakaat.  Dalam riwayat lain disebutkan bahwa beliau sholat dua belas rakaat.
              Sedikit tetapi kontinyu lebih baik dari pada banyak tapi tidak kontinyu.  Marilah kita mulai dengan dua rakaat, lalu istikamah mengerjakannya.  Padamu banyak sekali sedekah yang harus dikeluarkan.

    0 Responses to “Bersedekahlah dari setiap persendian”

    Posting Komentar

    Bersedekahlah dari setiap persendian
    Blogger Template by Terbaru Hari Ini