Kamis, 14 April 2011

Logiskah Menikah Tanpa .................................?

  • Kamis, 14 April 2011
  • Nuril
  •        Dalam Shahih Bukhari, Jabir r. a berkata bahwa Rasulullah saw. mengajarkan kita sholat istikharah dalam segala persoalan sebagaimana beliau mengajarkan surah Al-Qur'an."
           Wahai saudaraku, perhatikan ungkapan, "... dalam segala persoalan......" Ya, dalam segala persoalan, baik penting maupun sampingan, harus dilakukan sholat istikharah. Aku khawatir engkau menikah tanpa sholat istikharah. Ya Tuhan, apakah ini logis ?  pernikahan merupakan keputusan yang menetukan.  Bagaimana engkau mengambil keputusan tersebut tanpa istikharah ?
             Padahal Nabi saw, bersabda, "istikharah pasti mendatangkan kebaikan."
    Caranya, sholatlah dua rakaat diluar sholat wajib, lalu berdoa,

    "Ya Allah, aku memohon pilihan berdasarkan pengetahuan-Mu, meminya ketentuan dari-Mu sesuai dengan kekuasaan-Mu, serta meminta karunia-Mu yang agung.  Sungguh Engkau Maha Kuasa, sedang Aku Lemah, Engkau Maha Mengetahui, sedang aku bodoh. Engkau Maha Mengetahui apa yang tersembunyi.  Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa urusan ini (disebutkan nama urusannya) baik untukku dalam agamaku, kehidupanku, serta akibatnya, maka takdirkan ia untukku dan mudahkan bagiku.  Kemudian anugerahilah aku keberkahan didalamnya.  Namun jika Engkau mengetahui bahwa urusan tersebut buruk unyukku dalam agamaku, kehidupanku dan akibatnya, jauhkan aku darinya dan takdirkanlah untukku apa yang baik dimanapun ia berada . Lalu biarkan aku ridho dengannya."

    Betapa doa ini menunujukan kefakiran kepada Allah.  Doa yang membuatmu merasakan banyak hal yang terangkum dalam ungkapan, "ku serahkan urusanku kepada Allah."  adakah yang tidak merasa tenang dengan doa tersebut?

    Nabi saw. bersabda, "Di antara kebahagiaan manusia adalah ketika ia rida terhadap apa yang Allah tentukan untuknya. sebaliknya diantara kemalamgan manusia adalah ketika ia tidak minta dipilihkan oleh Allah (tidak sholat istikharah).  Juga diantara kemalangan manusiaadalah ketika ia murka terhadap ketentuan Allah." 

    0 Responses to “Logiskah Menikah Tanpa .................................?”

    Posting Komentar

    Logiskah Menikah Tanpa .................................?
    Blogger Template by Terbaru Hari Ini